Dubes Harapkan PPI Jerman Lakukan Kegiatan Diplomasi

Dubes Harapkan PPI Jerman Lakukan Kegiatan Diplomasi

Dubes RI untuk Jerman Eddy Pratomo menekankan pentingnya peran aktif para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia Jerman untuk ikut memberi masukan dalam rangka kemajuan bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Dubes dalam kesempatan pembukaan Sidang Tahunan Perwakilan Anggota (SPA) Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman yang diadakan di Gottingen, ujar Counsellor Sosbud - KBRI Berlin Agus Priono kepada koresponden ANTARA London, Selasa.

Lebih lanjut Dubes mengatakan, kegiatan diplomasi bukan monopoli tugas para diplomat atau perwakilan RI, namun juga semua elemen bangsa khususnya PPI atau para pelajar yang sedang menempuh studi di luar negeri sebagai generasi penerus bangsa.

Multi-track diplomacy yang sedang dilakukan Indonesia menuntut keterlibatan aktif semua elemen masyarakat, guna mencapai hasil yang optimal, ujarnya.

Dubes mengharapkan SPA di Gottingen yang dihadiri sekitar 40 orang dari 13 PPI cabang di Jerman tersebut dapat menghasilkan kepengurusan yang kuat, koordinatif dan memunculkan semangat baru dalam rangka memunculkan ide-ide segar yang bisa disumbangkan dalam rangka pembangunan bangsa.

Untuk itu, Dubes menyarankan dilakukan peninjauan kembali terhadap pasal-pasal dalam AD/ART guna mengakomodir berbagai perkembangan yang ada.

Dalam kaitan tersebut, Dubes juga menyampaikan harapannya setelah kepengurusan PPI Jerman yang baru dibentuk, dapat segera diagendakan pertemuan besar mencakup seluruh perwakilan PPI cabang di Jerman guna membahas topik-topik yang bermanfaat guna menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat.

Perwakilan RI akan selalu mendorong dan mendukungnya bagi keberhasilan kegiatan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, ujarnya.

Dubes menyampaikan optimismenya bahwa PPI Jerman dapat mengulangi kejayaan masa lalu. Tanda-tanda keaktifan PPI Jerman juga mulai terlihat akhir-akhir ini antara lain dengan adanya rencana penyelenggaraan pertemuan mengenai Renewable Energy (RENEWS) bulan Oktober 2010, atas dukungan KBRI Berlin dan Ditjen Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI.

Sidang Perwakilan Anggota di Gottingen tersebut juga mengangkat Dubes Eddy Pratomo sebagai anggota luar biasa PPI Jerman karena dianggap telah berjasa dalam memajukan PPI Jerman, demikian Agus Priono. London (ANTARA)

Sumber berita: http://id.news.yahoo.com/antr/20100629/tpl-dubes-harapkan-ppi-jerman-lakukan-ke-cc08abe.html
Sumber Foto: http://ppi-goettingen.de/sampel/image/temuwarga2010.jpg

Label: Berita

Related Topics:
Studi di Jerman Click Here



0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails