Tips Sehat Berpuasa

Tips Sehat Berpuasa

Senangnya hati ini menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang memang banyak dinanti oleh kalangan seluruh umat muslim di dunia. Bagaimana tidak, di bulan suci ini banyak sekali manfaatnya dan keuntungannya yaitu setiap amal ibadah kita dilipat gandakan oleh Allah SWT.
Disini saya mencoba berbagi tips sehat dalam menjalankan puasa kepada para sahabat lainnya yang tentunya juga menjalani ibadah puasa di bulan suci ini. Memang tips berikut ini sudah sangat umum sekali namun daripada tidak sama sekali kan lebih baik saya posting saja tips menurut versi saya ini :)

Baiklah berikut di bawah ini beberapa langkah atau tips sehat berpuasa.

1. Pentingnya Sahur
Sahur sangat dianjurkan karena pada nantinya saat berpuasa para sahabat yang menjalani ibadah puasa ini tidak akan menerima masukan ke dalam tubuh selama 14-15 jam (imsak - adzan magrib), oleh karena itu bersahurlah dengan menu sahur yang tepat seperti makanan yang berserat dan berprotein tinggi sehingga tubuh kita (Insya Allah) memiliki asupan gizi dan energy yang cukup sampai pada saatnya berbuka puasa nanti dan coba hindari makanan ataupun minuman yang manis-manis yang dapat menimbulkan rasa lapar dan haus.

2. Jangan Menunda Berbuka Puasa
Suara adzan magrib berkumandang, berbuka puasa lah wahai sahabat dengan minum segelas air putih dan 3-4 buah kurma (kalau saya, itupun jika kurmanya ada :P) atau seperti adat kita orang Indonesia selalu berbuka dengan kolak yang manis-manis karena makanan yang mengandung gula cepat mengembalikan energy kita yang hilang.
HINDARILAH MINUMAN DINGIN ATAU ES TERLEBIH LAGI MINUMAN YANG BERSODA! karena selama 14-15 jam tubuh kita yang berpuasa sangatlah rentan dan sangat mempengaruhi proses pencernaan tidak berfungsi secara normal. (baca Dampak Soft Drinks Buat Tubuh Kita: KLIK DISINI)

3. Jangan Terburu-buru Makan
Kalau untuk urusan makan makanan yang berat (nasi beserta kawan-kawannya) pada saat berbuka puasa sih saya selalu lakukan setelah shalat magrib dan jika untuk cemilan hehee baru saya lakukan setelah shalat isya atau terawih (kalau bisa di bawah jam 22.00 karena tubuh kita juga memerlukan istirahat di dalam proses pencernaan makanannya).

4. Mencoba Berolah-Raga
Memang sih kalau sudah pulang kantor palingan males bgt kalau Olah Raga, tapi mau bagaimana lagi cara untuk menjaga kebugaran dan membakar kalori selain berolah raga kan, namun ada yang bilang bahwa dalam melakukan terawih pun sama saja dapat membakar kalori :)
(baca Beda Usia, Beda Jenis Olah Raga KLIK DISINI)

5. Biasakan Minum Air Putih
Anjuran untuk minum air putih memang tidak dapat ditinggalkan, saya pernah diomeli oleh dokter hanya gara-gara asupan air putih saya kurang, biasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari sehingga organ tubuh kita dapat berfungsi dengan baik jika tidak yah silakan saja mampir ke dokter saya itu hehee. Oleh karena itu jangan lupa minum air putih yang cukup sebelum menjalankan ibadah puasa keesokan harinya.

6. Anger Management Therapy
Saya akui saya memiliki temperamen yang yah lumayan tinggi (malu euy), oleh karena itu ibadah puasa ibaratnya salah satu terapi obat juga buat saya pribadi agar secara psikologis jiwa kita sehat :) (amiin) walaupun tetap aja godaan emosi itu ada jika di kantor ada saja kejadian yang mencoba membatalkan atau mengurangi nilai puasa saya, jadi yah sering-sering berdoa aja agar dikelompokkan menjadi orang yang sabar dan tenang :) amiin sehingga hati ini bisa lebih dekat lagi dengan sang Illahi Maha Suci Allah SWT (amiin lagi)

Sumber Gambar:
http://radenbeletz.com/wp-content/uploads/2010/06/Puasa-Ramadhan-dan-Hikmahnya-Menurut-Al-Quran.jpg

Semoga bermanfaat :)

Selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir batin ....

Label: Tips, Artikel, Tips Sehat Berpuasa

Tags: Tips Sehat Berpuasa, Puasa Untuk Kesehatan, Dampak Puasa Bagi Tubuh Kita, Manfaat Puasa

Related Topics:
1. Buah Kurma CLICK HERE
2. Jangan Tidur Seusai Sahur CLICK HERE
3. Dampak Soft Drinks Buat Tubuh Kita CLICK HERE
4. Beda Usia, Beda Jenis Olah Raga CLICK HERE

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails