Studi di Jerman

Studi di Jerman

Jerman merupakan salah satu negara tujuan studi bagi masyarakat seluruh dunia, dikarenakan ada sekitar 300 institusi pendidikan tinggi yang tersebar di Jerman. Adapun alasan para calon mahasiswa/i yang ingin studi di Jerman karena Jerman sudah tidak perlu diragukan lagi dari segi kualitas pendidikannya dihampir semua jurusan yang ditawarkan disana pada khususnya jurusan ekonomi bisnis, tehnik dan kedokteran.

Biaya Studi di Jerman
Biaya studi di Jerman pun tergolong lebih rendah dibanding dengan negara barat lainnya (biaya kuliah berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing uni) dan masih ada beberapa perguruan tinggi disana yang membebaskan biaya studi tersebut namun hal itu janganlah menjadi patokan bahwa kuliah di Jerman gratis karena setiap tahun ajaran baru pihak perguruan tinggi di Jerman selalu berubah-ubah, oleh karena itu persiapkanlah finansial sebaik-baiknya sehingga selalu siap dengan perubahan yang ada.

Pengantar Bahasa Jerman di masing-masing Perguruan Tinggi
Mayoritas Perguruan Tinggi Negeri di Jerman selalu menggunakan bahasa nasional mereka yaitu bahasa Jerman berbeda dengan Perguruan Tinggi Swasta yang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Belajar bahasa Jerman sangat diperlukan guna persiapan studi disana, pilihlah lembaga pendidikan kursus bahasa Jerman yang baik dan yang pasti janganlah bermalasan untuk mereview kemampuan bahasa Jerman sahabat jika tidak sahabat akan menyesalinya sesampainya di Jerman.
Bahasa Jerman merupakan bahasa yang sangat penting di pasar internasional mengingat perusahaan-perusahaan Jerman dengan produk-produknya yang semakin mendunia (Mercedez Benz, Audi, BMW, Bayer, Merck, Bosch, dll)

Biaya Hidup di Jerman
Biaya hidup atau living cost di Jerman sangatlah tergantung di kota dimana mahasiswa/i itu tinggal dan sejauh mana mereka (mahasiswa/i) dapat mengatur keuangan/financial nya, namun diperkirakan secara garis besar mahasiswa/i Indonesia yang sedang studi di Jerman mengeluarkan dana untuk biaya hidup berkisar antara 450 s/d 600 euro per bulannya (kondisi normal) sedangkan jika 700 euro per bulan sudah sangat mencukupi untuk mahasiswa Indonesia.

Peluang Bekerja di Jerman Untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi
Pihak pemerintah Jerman juga memberikan kesempatan atau peluang bagi mahasiswa untuk melakukan kerja paruh waktu atau part time dengan ketentuan yang berlaku, kesempatan ini banyak sekali diambil oleh mahasiswa/i dengan tujuan dapat me-minimize cost of living mereka tanpa mengganggu jam kuliah mereka tentunya.

Syarat-syarat untuk dapat studi di Jerman:
Untuk S1 (Bachelor)
1. Lulus SMA (SMK tidak diperbolehkan) dengan nilai yang baik (IPA & IPS)
2. Berkemampuan berbahasa Jerman minimal sertifikat ZD atau B1
3. Memiliki intelektual yang baik

4. Finansial tentunya (biaya kursus bahasa Jerman, biaya uang Jaminan di Pemerintah selama mahasiswa studi disana, biaya hidup, biaya kuliah, biaya asuransi, dll)

Untuk S2 (Master)
1. Legalisir foto copy ijazah S1
2. Legalisir foto copy transkrip nilai
3. Surat rekomendasi dari pihak kampus terdahulu
4. Surat rekomendasi dari perusahaan tempat anda bekerja (jika ada)
5. TOEFL minimal 550
6. Kemampuan berbahasa Jerman minimal level Grundstuffe
7. Finansial

Adapun faktor lainnya yaitu faktor psikologis seperti mental si calon mahasiswa/i tersebut yang apakah mudah stres atau mudah home sick dari kedua orang tuanya karena yang kita bicarakan adalah negara yang letaknya di benua eropa dengan sistem pengajaran yang berbeda, sosial budaya yang berbeda dan lainnya, oleh karena itu kembali lagi ke awal pembicaraan bahwa kita berbicara masa depan untuk anak-anak kita, uang Insya Allah masih dapat kita cari ,akan tetapi kita tidak dapat mengulang waktu yang telah kita lewati.

"HERZLICH WILLKOMMEN IM DEUTSCHLAND"

Berikut ini link-link yang dapat menambah informasi tentang studi di Jerman bagi anda yang memang berminat untuk studi disana karena perlu info yang lebih detail lagi dan juga persiapan keuangan/
financial untuk bisa studi disana.


Campur Aduk Studi di Jerman

Related link untuk studi di Jerman:

1. http://jakarta.daad.de/inhalt_i/index_i.htm 
2. http://www.goethe.de/Ins/id/jak/wis/stu/idindex.htm 
3. http://www.kjrihamburg.de/index.php?option=com_content&task=view&id=70&Itemid=70 
4. http://ferizalramli.wordpress.com/2009/01/02/study-di-jerman-siapa-takut/
5. http://kursusjerman.wix.com/studi-di-jerman


Semoga informasi studi di Jerman ini bermanfaat dan salam sukses ...

Label: Artikel, Studi di Jerman

Search Engine Keywords: Studi di Jerman Austria, Sekolah di Jerman Austria, Beasiswa di Jerman Austria, Info Sekolah di Jerman Austria, Info Home stay di Jerman Austria, Perguruan Tinggi Gratis di Jerman Austria, Agen Pendidikan Jerman Austria, Jurusan Kuliah Terbaik di Jerman Austria, Perkumpulan Mahasiswa Indonesia di Jerman Austria

Tags: Studi di Jerman, Kuliah di Jerman, Belajar Bahasa Jerman, Studi di Jerman Murah, Beasiswa Kuliah di Jerman, Kuliah Gratis di Jerman, Pendidikan Studi ke Jerman, Sekolah di Jerman, Lulusan Alumni Jerman, Syarat-syarat Studi di Jerman, Biaya Hidup di Jerman, Bekerja di Jerman, Biaya Studi di Jerman

Related Topics:
1. Reimar and Walter Horten (The Horten Brothers)

2. Dubes Harapkan PPI Jerman Lakukan Kegiatan Diplomasi

4 komentar:

alvian (sma ..... jakarta selatan) 19 September 2010 pukul 01.03  

terima kasih pak atas info studi di Jermannya, benar2 sangat membantu saya nanti selepas sma karena saya memang sudah ada rencana untuk mengambil fakultas tehnik mesin di Jerman hehee :)

alvian 19 September 2010 pukul 01.09  

maaf lupa, boleh tau tempat kursus bahasa jerman yang bagus pak ? dimana yah pak ? setau saya sih baru goethe yang memberikan kursus bahasa jerman.. apakah ada lagi yang bisa direkomendasikan ?

terima kasih

all4one 20 September 2010 pukul 08.50  

@Alvian:
sama2 tapi kamu juga harus rajin cari informasi tambahan lainnya yg lebih lengkap.
Mengenai tempat kursus bahasa Jerman sebenarnya banyak tapi sebaiknya kamu googling aja 3-4 lembaga kursus Jerman, nah berangkat dari situlah kamu bisa bertanya pada mereka tentang program berbahasa Jerman KHUSUS untuk persiapan studi di Jerman (biasanya +/- s/d 6 bulan belajar bahasa Jerman), kemudian metode cara pembelajarannya bahasa Jermannya bgm (standar atau atraktif biar tdk bosan), cari tau tentang beberapa alumni yg telah memakai jasa lembaga Jerman tersebut sehingga kamu tidak salah pilih sesuai kriteria alvian.
Persiapkan diri kamu sebaik2 nya dan semoga berhasil :)

terima kasih telah mampir di blog ini :)

dudi 24 September 2010 pukul 08.21  

kuliah di jerman .. wah memang harus belajar bahasa jerman dulu tuh, susah ga yah bahasa jerman ? tapi lebih enak lagi klo udah belajar bahasa jerman harus sering2 dipake atau lebih bagus lagi berlibur ke jerman dan tinggal bersama dengan keluarga jerman (homestay) wkwkwkwk ......

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails