Daun Salam Cegah Asam Urat

Daun Salam Cegah Asam Urat

Daun salam biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu dapur. Pohon salam (Syzygium polyanthum) yang biasa tumbuh liar di hutan dan di pegunungan bisa mencapai ketinggian 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter.

Tumbuhan ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek.

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi, pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pohon salam bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain.

Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah,7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari. Mengatasi radang lambung, 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.

Sebagai obat kencing manis,7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum untuk dua kali sehari.

Sumber Artikel dan Foto:
http://carahidup.um.ac.id/2009/07/daun-salam-cegah-asam-urat/

HARAP DIPERHATIKAN:
Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika anda ingin mengkonsumsi daun salam ini; terlebih lagi jika anda memang memiliki asam urat, stroke, kolesterol tinggi ataupun kencing manis

Semoga Bermanfaat :)

Tags:
Daun Salam Cegah Asam Urat, Info Asam Urat, Khasiat Daun Salam, Manfaat Daun Salam, Penyakit Asam Urat, Obat Asam Urat, Mencegah Asam Urat, Makanan Anti Asam Urat, Penderita Stroke, Obat Stroke, Penderita Kolesterol Tinggi, Obat Kolesterol Tinggi, Penderita Kencing Manis, Obat Kencing Manis

Related Topics:
1. Manfaat Mentimun
2. Gaya Hidup Sehat
3. Dampak Soft Drinks Buat Tubuh Kita
4. Beda Usia, Beda Jenis Olahraga

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails