Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat
Ada beberapa hal yang sering dilewatkan dalam menjalani hidup, sehingga akibat buruk dari kebiasaan ini akan datang mengganggu kesehatan kita. Hal ini bisa terjadi hanya karena kebiasaan hidup yang tidak teratur. Kebiasaan tersebut adalah antara lain melewatkan sarapan, kurang minum air putih, kurang gerak sampai dengan ngemil snack berkalori tinggi.
Menurut Pete Cohen, psikolog dan physical trainer, bahwa tidak ada manusia lahir dengan kebiasaan buruk. Kebiasaan ini dipelajari saat tumbuh dewasa. Cara yang paling jitu untuk membuang kebiasaan buruk adalah dengan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik. Menurut beberapa penelitian, diperlukan pengulangan 20 – 30 kali untuk kemudian menjadi kebiasaan baru.
Apakah semudah itu ??, sepertinya mudah saja, tapi kalau dijalani mengapa sulit??, karena kita memang hidup dilingkungan yang sudah mengesahkan kebiasaan-kebiasaan buruk itu menjadi hal yang biasa.
Ada beberapa tips dibawah ini, mengenai cara menghargai hidup dengan menjalani hidup secara sehat dan teratur, yaitu:

1. Minum air putih secara cukup

Kenapa terjadi? tubuh manusia tidak akan memberi sinyal berupa rasa haus sampai tubuh benar-benar kekurangan air atau mengalami dehidrasi.
Mengapa air putih? karena dua per tiga tubuh kita terdiri dari air, maka air merupakan unsur terpenting bagi tubuh. Setiap hari kita kehilangan 1,5 liter air lewat kulit, paru-paru dan ginjal (berupa air kencing). Untuk itu kehilangan itu harus digantikan dengan jumlah yang cukup, sehingga tubuh akan terhindar dari kelelahan, sakit kepala, kulit kusam dan bad mood.




2. Sarapan pagi setiap hari

Kenapa terjadi? Alasan yang sering didengar adalah karena tidak cukup waktu untuk sarapan.
Mengapa sarapan? Kalau sarapan terlewatkan maka akan mempengaruhi produktivitas kerja. Untuk itu ‘dengarkan’ tubuh anda dengan melakukan sarapan sehat secara rutin setiap hari. Sarapan sehat adalah makanan ringan yang cukup gizi seperti segelas susu atau jus buah atau sarapan siap saji yang kaya gizi dan rendah lemak.









3. Makan siang yang bergizi

Kenapa terjadi? Karena biasanya kelebihan karbohidrat sering terjadi saat makan siang, atau kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sebagai sumber energi.
Mengapa harus bergizi? Biasanya ngemil makanan tinggi kalori akan jadi pilihan utama apabila rasa lapar menyerang, seperti cokelat, keripik atau biskuit, yang banyak mengandung lemak, gula dan garam.
Untuk itu memilih makan siang yang bergizi adalah cara yang bijaksana untuk mengatasi rasa lapar. Cara yang bijaksana menurut Dr. Wendy Doyle, ahli diet, dengan cara menambah lauknya, makan sepotong buah atau segelas yoghurt.


4. Siasati makan malam

Kenapa terjadi? Biasanya setelah lelah seharian kerja, maka akan malas kalau harus mempersiapkan makan malam.
Mengapa disiasati? Karena biasanya bila tidak mempersiapkan makan malam maka fast food atau take-away food, yang pasti mengandung tinggi lemak dan garam. Cara mengatasinya??, makan sesuatu sebelum pulang kantor dan mengisi kulkas dengan bahan makanan yang lebih tahan lama simpan untuk keadaan darurat. Kalau terpaksa membeli makanan, lebih baik hindari makanan yang digoreng dan pikirkan makanan tersebut mengandung gizi, yang paling tidak, cukup.


Gaya Hidup Sehat

11 CARA MUDAH UNTUK HIDUP SEHAT

1. Gunakan telinga kiri untuk berbicara di telepon
2. Jangan minum kopi lebih dari satu kali sehari
3. Jangan Minum Pil (obat) dengan air dingin
4. Jangan makan dengan porsi besar diatas jam 6 sore
5. Kurangi porsi minum teh yang anda lakukan setiap hari
6. Kurangi minyak-minyakan yang anda konsumsi
7. Minum banyak air putih di pagi hari dan kurangi di malam hari
8. Jangan menggunakan handphone ketika di-charging
9. Jangan gunakan Headphone/earphone dalam jangka waktu yang lama
10. Waktu terbaik untuk tidur adalah mulai jam 10 malam sampai jam 5 pagi
11. Jangan langsung tidur setelah minum obat
12. Ketika batere handphone anda sudah terlihat digrid terakhir, usahakan jangan lagi menggunakan untuk menelpon, karena radiasi yang lebih besar.



Mau Hidup Sehat.? Berhentilah Merokok !

Postingan ini berkaitan dengan usulan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang fatwa diharamkannya rokok yang secara tidak langsung saya sangat setuju dengan usulan tersebut.
Sudah hampir dua bulan ini saya berhenti total untuk merokok, yup… bukan karena dilarang ortu, bukan juga takut ditinggal pacar, atau alasan-alasan klasik lainnya, satu tujuan saya “Aku bisa hidup sehat tanpa rokok” hehehe…
Proses ini harus dari diri sendiri, bukan karena orang lain atau sesuatu yang lain.

Banyak sekali manfaat-manfaat yang muncul setalah dua bulan saya berhenti merokok, salah satu yang paling terasa adalah “hilangnya rasa pahit yg amat sangat di mulut ketika saya bangun tidur”, yup… ini adalah salah satu dari ribuan manfaat berhenti merokok.






Manfaat lainnya buat saya :

* Bau rokok di baju menjadi hilang.
* Lubang-lubang di baju menjadi tidak ada lagi akibat percikan api rokok.
* Uang buat beli rokok bisa buat sarapan tiap pagi.
* Kamar kosan menjadi bersih karena tidak ada puntung rokok dan debu rokok.
* Mudah-mudahan menjadi lebih sehat, amien…!!!
* dll

Untuk itu buat yang baca blog ini, berhentilah merokok, karena merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.


Sumber: http://poemamlaza.blog.com/hidup-sehat/

Semoga bermanfaat :)

Tags: Gaya Hidup Sehat, Makanan Bergizi, Lifestyle

Related Topics:
1. Tips STOP NGEMIL di Malam Hari
2. Dampak Soft Drinks Buat Tubuh Kita
3. Manfaat Mentimun
4. Daun Salam Cegah Asam Urat
5. Nikmatnya Daging Ayam Kendil

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

About this blog

.......... Amatir .........................
.......... Iseng .........................
.......... Sharing ........................
.......... Semoga Bermanfaat ...
.......... Yihaaa ..........................