Tarif Listrik Naik Per 1 Juli

Tarif Listrik Naik Per 1 Juli

JAKARTA--MI: Pemerintah secara resmi memutuskan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) di kisaran 10% mulai besok, Kamis (1/7). Kenaikan TDL ini dipastikan tidak akan melibatkan kelompok pelanggan 450 volt ampere (VA)-900 VA.

"Kenaikan TDL ini dilakukan untuk mengendalikan besaran subsidi listrik sebesar Rp55,1 triliun," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh, dalam konferensi pers di Kementerian ESDM Jakarta, Rabu (30/6).

Darwin menyatakan, keputusan ini ditetapkan dengan mempertimbangkan rasa keadilan. Pemerintah memastikan keputusan ini tidak memberatkan rakyat kecil dan tetap menjaga daya saing industri. "Karena pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA tidak mengalami kenaikan," ujarnya.

Kenaikan rata-rata 10% tersebut dihitung dari rata-rata rekening seluruh pelanggan saat ini. Keputusan ini dituangkan dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 07 Tahun 2010 tanggal 30 Juni 2010 tentang tarif tenaga listrik yang disediakan oleh PLN.

Selain tidak adanya perubahan penggolongan tarif dan tetap dijalankannya program listrik prabayar, beberapa pokok keputusan yang termuat dalam Permen ini diantaranya;
-Adanya biaya kelebihan pemakaian daya reaktif
-Biaya penyambungan tenaga listrik
-Uang jaminan pelanggan
-Biaya keterlambatan pembayaran
-Tagihan susulan atas penertiban pemakaian listrik yang tidak sah.

Dari sisi PLN, Permen ini juga mewajibkan PLN untuk meningkatkan dan mengumumkan tingkat mutu pelayanan untuk masing-masing unit pelayanan dan kewajiban PLN untuk memberikan pengurangan tagihan apabila tingkat mutu tidak terpenuhi.

Di dalamnya termasuk upaya untuk memperbaiki bauran energi dengan mengganti pembangkit bahan bakar minyak (BBM) dengan pembangkit gas, batu bara, tenaga air dan panas bumi. PLN juga harus menurunkan susut jaringan. Saat ini, sudah di kisaran 9% dari 11% tahun lalu.

"Kita minta lebih diturunkan lagi. Penanggulangan daerah krisis dengan peningkatan kemampuan pembangkit dan peningkatan penyambungan baru untuk rumah tangga dan rumah sederhana sehat," papar Darwin. (Jaz/OL-9)

Sumber berita: http://www.mediaindonesia.com/read/2010/06/30/152627/23/2/Tarif-Listrik-Naik-Per-1-Juli
Sumber Foto: http://www.mediaindonesia.com/spaw/uploads/images/article/image/20100630_092918_FOT-201006-004332-D.jpg

Label: Berita, Tarif Listrik Naik Per 1 Juli

Tags: Tarif Listrik Naik Per 1 Juli, TDL Naik 20-30 Persen, Tarif Listrik Naik Lagi

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails